9 Februari 2023

Penjelasan Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software dan Brainware – Lampung dot co

Secara garis besar, komponen dari seluruh komputer terdiri atas tiga hal penting yaitu software, hardware, dan juga brainware. Ketiganya punya fungsi spesifik dan pengertian yang berbeda
 22,602 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Perkembangan teknologi sangat berdampak pada kehidupan terbukti dari banyaknya hal yang menjadi semakin mudah. Ada banyak barang yang saat ini sangat diperlukan manusia seperti komputer baik untuk bekerja maupun berkomunikasi, baca: Pengertian Komputer. Sebagai pengguna, pemahaman terkait komponen sistem komputer sangatlah penting agar mengerti apa saja kegunaannya.
Secara garis besar, komponen dari seluruh komputer terdiri atas tiga hal penting yaitu software, hardware, dan juga brainware. Ketiganya punya fungsi spesifik dan pengertian yang berbeda, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut terkait ketiganya:
Pertama ada hardware yang dapat pula diartikan sebagai perangkat keras yang keberadaannya tampak jelas oleh mata. Perangkat ini bisa diraba secara fisik secara langsung dan dibagi ke dalam empat komponen besar lagi.
Ada input device yang memiliki fungsi utama sebagai alat untuk menginput berbagai data maupun juga perintah tertentu pada komputer. Contoh dari alat ini seperti mouse atau keyboard dimana keduanya menjadi elemen penting dalam pengoperasian sebuah komputer.
Selanjutnya ada perangkat pemroses yang sesuai namanya berfungsi dalam pengelolaan dari data yang didapat dari input. Contoh konkrit dari komponen sistem komputer satu ini yaitu CPU dengan fungsinya sebagai otak dari seluruh pengoperasian komputer.
Ada juga output device yang berupa perangkat dalam menunjukkan hasil pemrosesan input data dalam bentuk gambar maupun suara. Contoh dari perangkat ini misalnya adalah layar dari komputer, speaker, maupun juga printer dalam pencetakan dokumen.
Terakhir ada perangkat penyimpanan dengan fungsinya untuk menyimpan berbagai pekerjaan atau data yang sudah membuahkan suatu output. Penyimpanan ini bisa ada di internal maupun eksternal biasanya berupa memori atau jika eksternal yaitu berupa hard disk.
Perangkat selanjutnya yaitu perangkat lunak dimana ini berbeda dengan hardware, software tidak kasat mata dan juga tidak bisa disentuh. Keberadaan software yaitu untuk menjalankan perintah yang diberikan pada hardware sebagai fungsi dalam menerjemahkan dan menjalankan.
Software sendiri bisa diartikan sebagai sebuah kumpulan dari data-data elektronik yang terstruktur dan menjadi sebuah program untuk menjalankan perintah. Ada tiga jenis software utama di komputer yaitu sistem, aplikasi, dan juga tambahan yang bisa dirubah sesuai keinginan.
Software sistem merupakan sebuah perangkat yang nantinya berfungsi mengatur keseluruhan dari komponen yang ada seperti Windows. Selanjutnya software aplikasi dibuat secara lebih spesifik untuk menjalankan tugas tertentu seperti MS. Word untuk tulisan. Lalu ada software pelengkap dengan fungsinya yang tidak terlalu penting seperti Screensaver misalnya.
Komponen terakhir yaitu brainware dimana brainware sendiri merupakan otak yang menjalankan komputer dan memberikan perintah ke dalamnya. Dalam kasus ini, brainware yaitu manusia sendiri sebagai pengguna dari komputer.
Ketiadaan manusia tidak akan membuat komputer bisa beroperasi, tidak lain hanyalah alat tanpa otak dan tanpa perintah. Jadi brainware bisa dikatakan sebagai setiap manusia atau operator yang sedang menjalankan sebuah komputer dan memberikan perintah tertentu. Misalnya saja sistem analis maupun programmer yang sudah secara pasti akan mengoperasikan komputer.
Itulah dia komponen sistem komputer yang ketiganya saling terintegrasi dengan tugas dan fungsi pentingnya masing-masing. Sebuah komputer tidak akan berfungsi sebagai komputer ketika salah satu dari ketiga komponen tersebut hilang. Jadi sebuah komputer adalah sebuah sistem lengkap di antara ketiga komponen yang beroperasi dan saling terintegrasi.
 22,603 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini
Fajar Fauziah bekerja untuk media online Lampung.co yang bertanggung jawab menerbitkan artikel topik teknologi, termasuk games sesuai bidangnya.
Galaxy S22 Ultra 5G Tawarkan Kualitas Kamera Profesional
Pengertian, Contoh, Fungsi dan Macam-macam Brainware dalam Komputer
Cara Mengatasi 0xc000007b Windows: Unable to Start Correctly
Samsung Hadirkan Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G Dilengkapi Galaxy Ecosystem
Ini 6 Tips Memilih Penyedia Web Hosting Indonesia Terbaik
Hati-hati, Ekstensi Browser Berbahaya Bisa Intip Password Pengguna
Hankook Tire memberikan beberapa tips bagi pengendara yang ingin melakukan perjalanan destinasi alam terbuka
 2,402 kali dilihat,  1,170 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Berkunjung ke alam terbuka seperti curug, pantai, bukit, atau taman, di akhir pekan dapat menjadi pilihan kegiatan healing yang menyenangkan. Alam dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kondisi psikologis kita, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan konsentrasi dan menjadi sarana rekreasi dari penatnya rutinitas sehari-hari.
Wisata alam terbuka umumnya memiliki medan jalanan yang cukup ekstrim, berkelok-kelok, tanjakan curam, dan badan jalan yang sempit. Kondisi ini tentunya membutuhkan dukungan kendaraan yang mumpuni dan kemampuan mengemudi yang handal.
Dengan mengetahui jarak, Anda dapat mempersiapkan kebutuhan bahan bakar, kondisi ban, tool kit maupun peralatan darurat lainnya. Khusus ban, Anda membutuhkan karakteristik ban dengan desain tapak yang kasar dan lebih renggang agar lebih aman dan nyaman melewati berbagai jenis medan. Ban harus memiliki kemampuan pengereman yang baik di kondisi jalanan basah atau kering.
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi menjelaskan bahwa sebesar 61% penyebab kecelakaan dipicu oleh faktor manusia. Oleh sebab itu, hindari penggunaan handphone, multitasking dengan kegiatan lainnya dan rasa kantuk ketika berkendara serta pastikan untuk beristirahat dengan cukup dan hindari mengkonsumsi obat obatan yang dapat memicu badan lemas pada saat menyetir.
Untuk muatan kendaraan jenis MPV atau SUV, disarankan maksimal 8 orang dan sudah termasuk pengemudi, dengan bobot maksimal 3.500 kilogram. Anda dapat melihat kombinasi kode angka dan huruf pada ban yang menandakan load index per ban mobil.
Kendaraan yang overload kerap berujung pada insiden pecah ban dan rem blong karena tekanan yang diterima oleh ban lebih besar sehingga mengakibatkan gesekan yang melebihi kapasitas ban.
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi juga memaparkan bahwa sebesar 9% penyebab kecelakaan dipicu karena faktor kendaraan secara teknis. Cek mesin kendaraan, kondisi air radiator hingga tekanan angin pada ban. Tekanan angin yang ideal pada ban sekitar 32 hingga 35 psi (per square inch).
Waktu pengisian angin pada ban mobil sebaiknya dilakukan pada saat ban dalam keadaan dingin. Karena jika dilakukan pada saat ban keadaan panas, tekanan udara meningkat dan akan terjadi pemuaian yang mengakibatkan ban dapat mengempis. Periksa juga apakah ada objek atau kerikil yang melekat pada ban agar kendaraan tidak selip pada saat melakukan perjalanan.
National Sales Manager Passanger Car Radial PT. Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono menjelaskan bahwa ban merupakan salah satu komponen yang penting ketika melakukan perjalanan.
“Ban berfungsi sebagai penggerak, menopang muatan dan mendukung kestabilan pada saat melewati berbagi medan. Ban pecah atau ban bocor menjadi salah satu pemicu kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia. Oleh sebab itu pastikan Anda memilih ban yang sesuai dan lakukan pengecekan kendaraan secara menyeluruh sebelum melakukan perjalanan,” kata dia. (*)
 2,403 kali dilihat,  1,171 kali dilihat hari ini
GNI berkolaborasi dengan penerbit dan media semua skala membangun ekosistem berita yang lebih berkelanjutan, beragam, dan inovatif, serta memerangi misinformasi untuk masa depan jurnalisme.
 8,783 kali dilihat,  974 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Sejak diluncurkan pada tahun 2018 di Asia Pasifik, Google News Initiative (GNI), sebuah program inisiatif Google berkomitmen untuk mendukung industri berita dan jurnalisme berkualitas di seluruh dunia.
GNI berkolaborasi dengan penerbit dan media semua skala membangun ekosistem berita yang lebih berkelanjutan, beragam, dan inovatif, serta memerangi misinformasi untuk masa depan jurnalisme yang lebih tangguh.
GNI juga membantu mendukung pekerjaan ruang redaksi yang kekurangan sumber daya guna membantu upaya mereka untuk menemukan, memverifikasi, dan menceritakan pemberitaan yang menarik, melalui berbagai program pelatihan, produk, hingga dukungan komunitas.
Berikut beberapa situs untuk membantu penerbit dalam menjalankan operasi sehari-hari:
Tools ini memungkinkan penerbit untuk mengelola dan meningkatkan kehadirannya melalui aplikasi Google News dan laman news.google.com.
Google News merupakan salah satu platform layanan dari Google yang berguna untuk menampilkan artikel berita milik publisher di laman news pada situs pencarian Google.
Google Search Console merupakan layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah situs di hasil Google Penelusuran.
Penerbit dapat menggunakan tools ini untuk mencoba meningkatkan kinerja website di Google Penelusuran.
Berisi artikel bantuan yang menyediakan solusi terkait produk News dan dukungan terhadap penerbit yang menggunakan produk News.
Wadah bagi komunitas Google News yang mempertemukan tim GNI, penerbit, jurnalis, maupun umum dan memberikan informasi pembaharuan atau membantu memberikan solusi terkait kendala sehari-hari.
Pusat bantuan untuk pengguna app Google News dan news.google.com.
Google berkomitmen untuk mendukung keterbukaan informasi. Temukan informasi tentang bagaimana Google menghasilkan pendapatan dan traffic bagi penerbit berita.
Google AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah suatu teknologi yang diciptakan agar halaman suatu website lebih cepat terbuka di perangkat mobile.
Penerbit bisa mendapatkan referensi ke panduan developer, forum AMP, dan perangkat-perangkat AMP melalui laman ini.
Panel informasi yang menampilkan berita terbaru akan muncul ketika ada berita tentang peristiwa penting. Jika ada berita seperti ini, kami mungkin akan menampilkan berita hangat dari sumber berita yang mematuhi kebijakan konten Google Berita.
Panel informasi juga akan terhubung langsung ke situs berita, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses dan membaca artikel lengkap mengenai berita tersebut. Melalui fitur ini, penerbit dapat mempelajari cara memecahkan masalah di YouTube. (*)
 8,784 kali dilihat,  975 kali dilihat hari ini
Galaxy S22 Ultra 5G memiliki kualitas sekelas kamera profesional dengan ukuran yang compact, simple dan perfect traveling partner
 14,997 kali dilihat,  974 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Setelah sekian lama terhambat traveling, kini kita bisa kembali leluasa untuk traveling. Terlebih, kita sedang memasuki pengujung tahun yang jadi momen tepat untuk liburan. Dengan berbagai lanskap yang tidak bisa kita lihat sehari-hari, traveling tentunya tak akan lengkap jika tidak kita isi dengan bikin konten.
Apalagi, smartphone masa kini sudah sangat mumpuni untuk ambil foto dan video dengan kualitas maksimal, sekaligus lebih mudah untuk kita langsung upload di media sosial ketimbang kita pakai kamera profesional yang file-nya harus dipindahkan terlebih dahulu.
Bisa memiliki foto atau video dengan kualitas yang jernih dari momen liburan tentunya akan memberi kepuasan tersendiri bagi kita. Gak bisa dipungkiri, kamera punya peranan penting dalam membuat konten dan mengabadikan momen saat traveling.
Memahami hal tersebut, Samsung hadir dengan Galaxy S22 Ultra yang tidak hanya punya kamera resolusi tinggi 108MP, tapi juga fitur-fitur canggih untuk menemani kamu bikin konten saat traveling yang paling epic.
Galaxy S22 Ultra 5G memiliki kualitas sekelas kamera profesional dengan ukuran yang compact, simple dan perfect traveling partner bagi semua orang yang ingin mengabadikan momen liburan berharga.
Kecanggihan kamera 108MP, kemampuan Nightography dan fitur Pro Mode mampu menguasai segala kondisi, siang dan malam. Dengan zoom hingga 100x, kamera Galaxy S22 Ultra dapat memotret objek yang jauh di tengah keramaian.
Bagaimana kamu bisa bikin konten traveling yang lebih epic pakai Galaxy S22 Ultra 5G?
Ada banyak momen epic saat traveling yang terjadi di malam hari, mulai dari kulineran malam-malam, outdoor activity di bawah langit penuh bintang, hingga pemandangan kota penuh cahaya dari jendela pesawat.
Untuk menemani kamu mendapatkan foto low light dengan kualitas maksimal, Galaxy S22 Ultra 5G hadir dengan fitur kamera canggih yang telah dibekali dengan fitur Night Mode untuk memastikan hasil gambar yang diambil terang dan detail.
Fitur Night Mode memiliki kemampuan Nightography yang memukau, jadi perangkat ini bisa menangkap lebih banyak cahaya di kondisi redup untuk membuat foto jadi lebih cerah. Sehingga bisa mendapat foto low light seperti kulineran malam hari yang lebih bagus.
Selain itu, Galaxy S22 Ultra 5G juga baru saja dapat update baru pada kameranya yang cocok untuk outdoor activity di malam hari. Lewat fitur baru bernama Astrophoto, kamu bisa foto langit penuh bintang dengan hasil yang lebih baik.
Berkat kemampuan Space Zoom hingga 100x yang powerful, Galaxy S22 Ultra 5G mampu mendekatkan objek yang jauh layaknya berada di depan mata. Meski begitu, kualitas gambar tetap tajam berkat Detail Enhancer yang mampu meningkatkan kualitas foto.
Selain itu, Galaxy S22 Ultra 5G juga dilengkapi dengan fitur Zoom Lock, sehingga perangkat akan senantiasa fokus pada objek yang dipilih. Dengan fitur ini, bisa memotret objek bergerak tanpa khawatir akan kehilangan dari frame kamera.
Untuk hasil foto makanan yang lebih epic, bisa menggunakan Food Mode di Galaxy S22 Ultra 5G yang didesain khusus untuk memotret makanan dengan lebih baik. Fitur Food Mode bisa mengatur color temperature dari foto untuk memberikan ambience tertentu sesuai keinginan.
Fitu ini juga bisa memberikan efek blur di sekeliling makanan untuk menghasilkan foto yang lebih tempting. Selain itu bisa memaksimalkan fokus dan memberi detail lebih pada elemen tertentu dari makanan.
Format RAW menangkap lebih banyak informasi ketimbang format JPEG, jadi bisa lebih leluasa edit foto untuk hasil yang lebih sesuai keinginan. Menariknya, Galaxy S22 Ultra 5G bisa menyimpan foto dalam format RAW hingga 16bit.
Selain itu, Galaxy S22 Ultra 5G juga memberi akses ke aplikasi Expert RAW dan koleksi preset dari Adobe Lightroom, jadi pengguna memiliki editing tools yang lengkap untuk mendapatkan gambar yang persis sesuai keinginan.
Galaxy S22 Ultra 5G dibekali Artificial Intelligence Video Digital Image Stabilization (AI VDIS) yang cepat menganalisis pergerakan perangkat dan penggunanya. Dengan begitu, stabilisasi yang dihasilkan menjadi lebih optimal.
Terlebih ada Optical Image Stabilization (OIS) yang mampu menangkap gambar yang bergerak dengan lebih stabil, sehingga menghasilkan foto atau video yang berkualitas.
Kemudia, pengguna juga bisa bikin konten vlog pakai fitur Director’s View untuk merekam dengan semua lensa sekaligus dan mendapatkan banyak sudut pandang unik dari video yang kamu rekam. Jadi, bisa mendapatkan berbagai footage dalam satu kali perekaman untuk bikin vlog yang unik. (*)
 14,998 kali dilihat,  975 kali dilihat hari ini
Prakiraan Cuaca Lampung Hari Ini
Korupsi KONI Lampung Rugikan Negara 2.5 Miliar, Arinal Diminta Tanggung Jawab
BP2MI Minta Peran Pemerintah Daerah Dalam Melindungi Pekerja Migran
Tips Berkendara Aman Saat Berwisata ke Destinasi Alam Terbuka
Bintitan: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati (Komprehensif)
Peringatan Tsunami Dikeluarkan Usai Gempa M 7,0 Guncang Kepulauan Solomon
Bisul: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati (Komprehensif)
Banyak Pihak Desak Pengusutan Mafia Tanah di Malangsari, Jaksa AM Mangkir
Copyright © 2022 Lampung.co dibawah naungan PT Media Inti Lampung.

source