9 Februari 2023

Penjelasan Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software dan … – Lampung dot co

Secara garis besar, komponen dari seluruh komputer terdiri atas tiga hal penting yaitu software, hardware, dan juga brainware. Ketiganya punya fungsi spesifik dan pengertian yang berbeda
 22,676 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Perkembangan teknologi sangat berdampak pada kehidupan terbukti dari banyaknya hal yang menjadi semakin mudah. Ada banyak barang yang saat ini sangat diperlukan manusia seperti komputer baik untuk bekerja maupun berkomunikasi, baca: Pengertian Komputer. Sebagai pengguna, pemahaman terkait komponen sistem komputer sangatlah penting agar mengerti apa saja kegunaannya.
Secara garis besar, komponen dari seluruh komputer terdiri atas tiga hal penting yaitu software, hardware, dan juga brainware. Ketiganya punya fungsi spesifik dan pengertian yang berbeda, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut terkait ketiganya:
Pertama ada hardware yang dapat pula diartikan sebagai perangkat keras yang keberadaannya tampak jelas oleh mata. Perangkat ini bisa diraba secara fisik secara langsung dan dibagi ke dalam empat komponen besar lagi.
Ada input device yang memiliki fungsi utama sebagai alat untuk menginput berbagai data maupun juga perintah tertentu pada komputer. Contoh dari alat ini seperti mouse atau keyboard dimana keduanya menjadi elemen penting dalam pengoperasian sebuah komputer.
Selanjutnya ada perangkat pemroses yang sesuai namanya berfungsi dalam pengelolaan dari data yang didapat dari input. Contoh konkrit dari komponen sistem komputer satu ini yaitu CPU dengan fungsinya sebagai otak dari seluruh pengoperasian komputer.
Ada juga output device yang berupa perangkat dalam menunjukkan hasil pemrosesan input data dalam bentuk gambar maupun suara. Contoh dari perangkat ini misalnya adalah layar dari komputer, speaker, maupun juga printer dalam pencetakan dokumen.
Terakhir ada perangkat penyimpanan dengan fungsinya untuk menyimpan berbagai pekerjaan atau data yang sudah membuahkan suatu output. Penyimpanan ini bisa ada di internal maupun eksternal biasanya berupa memori atau jika eksternal yaitu berupa hard disk.
Perangkat selanjutnya yaitu perangkat lunak dimana ini berbeda dengan hardware, software tidak kasat mata dan juga tidak bisa disentuh. Keberadaan software yaitu untuk menjalankan perintah yang diberikan pada hardware sebagai fungsi dalam menerjemahkan dan menjalankan.
Software sendiri bisa diartikan sebagai sebuah kumpulan dari data-data elektronik yang terstruktur dan menjadi sebuah program untuk menjalankan perintah. Ada tiga jenis software utama di komputer yaitu sistem, aplikasi, dan juga tambahan yang bisa dirubah sesuai keinginan.
Software sistem merupakan sebuah perangkat yang nantinya berfungsi mengatur keseluruhan dari komponen yang ada seperti Windows. Selanjutnya software aplikasi dibuat secara lebih spesifik untuk menjalankan tugas tertentu seperti MS. Word untuk tulisan. Lalu ada software pelengkap dengan fungsinya yang tidak terlalu penting seperti Screensaver misalnya.
Komponen terakhir yaitu brainware dimana brainware sendiri merupakan otak yang menjalankan komputer dan memberikan perintah ke dalamnya. Dalam kasus ini, brainware yaitu manusia sendiri sebagai pengguna dari komputer.
Ketiadaan manusia tidak akan membuat komputer bisa beroperasi, tidak lain hanyalah alat tanpa otak dan tanpa perintah. Jadi brainware bisa dikatakan sebagai setiap manusia atau operator yang sedang menjalankan sebuah komputer dan memberikan perintah tertentu. Misalnya saja sistem analis maupun programmer yang sudah secara pasti akan mengoperasikan komputer.
Itulah dia komponen sistem komputer yang ketiganya saling terintegrasi dengan tugas dan fungsi pentingnya masing-masing. Sebuah komputer tidak akan berfungsi sebagai komputer ketika salah satu dari ketiga komponen tersebut hilang. Jadi sebuah komputer adalah sebuah sistem lengkap di antara ketiga komponen yang beroperasi dan saling terintegrasi.
 22,677 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini
Fajar Fauziah bekerja untuk media online Lampung.co yang bertanggung jawab menerbitkan artikel topik teknologi, termasuk games sesuai bidangnya.
Galaxy S22 Ultra 5G Tawarkan Kualitas Kamera Profesional
Pengertian, Contoh, Fungsi dan Macam-macam Brainware dalam Komputer
Cara Mengatasi 0xc000007b Windows: Unable to Start Correctly
Samsung Hadirkan Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G Dilengkapi Galaxy Ecosystem
Ini 6 Tips Memilih Penyedia Web Hosting Indonesia Terbaik
Hati-hati, Ekstensi Browser Berbahaya Bisa Intip Password Pengguna
Game sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat, terlebih di era sekarang, hal tersebut dapat menghasilkan uang. Namun, alat yang kamu gunakan pun haruslah memadai.
 1,077 kali dilihat,  19 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Laptop Gaming dengan spesifikasi memadai akan mendukung permainan mu lebih optimal dibandingkan dengan menggunakan PC biasa. Nah, jumlah perangkat semacam ini cukup banyak penjualnya dengan harga bervariasi. Semakin mahal harga laptop, maka pastinya spesifikasi produk tersebut juga bagus.
Game sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat, terlebih di era sekarang, hal tersebut dapat menghasilkan uang. Namun, alat yang kamu gunakan pun haruslah memadai. Dimana tool-nya berbagai macam, termasuk laptop di dalamnya. Adapun laptop untuk bermain game online maupun offline yang worth it adalah sebagai berikut!
Dell Alienware X15 R2 merupakan laptop gaming terbaru yang paling high class. Harganya saja per-unit berkisar antara Rp80 jutaan. Sangat mahal tetapi sesuai dengan spesifikasi laptop terutama kipas pendinginnya yang berjumlah 4 unit. Selain itu, jika bermain dengan laptop ini, perangkat kamu akan tetap dingin.
Luar biasanya, perangkat ini sudah dilengkapi dengan teknologi Rollover n-key yang tersematkan pada Keyboard RGB. Fitur ini akan membuat pencetan keyboard pasti lancar dan tidak akan tersendat-sendat. Itu artinya, dengan laptop Dell Alienware X15 R2, kamu bisa memainkan game dengan super nyaman.
Acer seakan tidak pernah berhenti untuk merilis perangkat laptop khusus gaming dengan spesifikasi high class. Salah satunya merilis produk Acer Predator Helios 300 yang sudah kuat dengan prosessor CPU Intel Core i7 12th Gery. Sedangkan untuk GPU-nya telah menggunakan teknologi Nvidia GeForce RTX 3080.
Kalau melihat dari spesifikasi di atas, maka perangkat Acer Predator Helios 300 memang layak untuk dijadikan laptop gaming tercepat. Apalagi kamu juga bakal mendapatkan baterai berkekuatan 58 watts-hours. Nah, kalau kamu ingin membeli produk ini maka siapkan budget sebesar Rp22 juta.
HP telah merilis satu perangkat gaming yang katanya siap untuk memanja para gamer di Indonesia. Nama produknya adalah Victus By HP Laptop yang sudah memiliki CPU AMD Ryzen 5 5600 H. Sedangkan untuk GPU-nya menggunakan Nvidia GeForce RTX 3060.
Salah satu keunggulan dari Victus By HP Laptop adalah memiliki sistem pendingin yang cukup canggih. Hal ini karena adanya hardware ventilasi dengan ukuran cukup besar yang posisinya berada di samping perangkat. Dengan fitur ini, kamu bisa memainkan game berat sekalipun tanpa khawatir laptop akan kepanasan.  Untuk harga Victus By HP Laptop sendiri berkisar Rp19 jutaan.
Jika kamu ingin memiliki laptop gaming dengan kualitas pertengahan maka pilih saja GF 63 Thin. Produk ini memiliki harga sekitar dengan harga Rp15 jutaan, tetapi laptop ini memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan produk lainnya. Adapun yang dijual dengan harga puluhan juta rupiah. Bahkan tempat ini juga sudah lengkap dengan fitur-fitur terbaru.
GF63 Thin ini telah semakin canggih dan bagus dengan mode silent yang berfungsi untuk mengurangi suara bising dari perangkat. Terutama suara dari kipas pendingin laptop yang terkadang terlalu bising dan kasar. Akhirnya, kamu tidak bisa bermain game dengan nyaman dan konsentrasi. Untuk itu silakan beli GF63 Thin yang sudah lengkap dengan prosessor CPU Core i7 tersebut.
Idealpad Gaming 3 merupakan produk dari Lenovo yang sangat pantas untuk dijadikan sebagai perangkat nge-game. Produk berharga belasan juta ini memiliki spesifikasi yang cukup mentereng. Seperti, laptop sudah dibekali prosessor AMD 4000 series, serta untuk GPU menggunakan Nvidia GTX 1650 Ti tipe Discrete Graphics.
Nah, kalau kamu memiliki budget yang cukup silakan beli laptop gaming di atas. Dijamin kamu bisa memainkan game kesukaan dengan nyaman dan sensasional. Apalagi semua perangkat sudah didukung oleh spesifikasi yang sangat luar biasa dan high class.
 1,078 kali dilihat,  20 kali dilihat hari ini
Singkatnya, pengertian brainware adalah manusia yang memiliki keterampilan dan keahlian untuk mengoperasikan dan mengelola kinerja perangkat lunak dan perangkat keras.
 22,946 kali dilihat,  19 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Sebagai pengguna komputer, tentunya Anda sudah tidak asing dengan perangkat-perangkat yang menunjang komputer. Salah satunya adalah brainware (user). Meskipun semua perangkat komputer itu saling berhubungan satu sama lain. Tentunya Anda penasaran bukan dengan pengertian, contoh dan juga fungsi dari user. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.
Memang, brainware adalah manusia yang mampu menggunakan dan menjalankan perangkat lunak atau perangkat keras pada komputer. Tugas utama orang ini adalah merancang bagaimana perangkat komputer akan bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan.
Singkatnya, pengertian brainware adalah manusia yang memiliki keterampilan dan keahlian untuk mengoperasikan dan mengelola kinerja perangkat lunak dan perangkat keras. Brainware juga sering disebut sebagai alat intelektual yang digunakan untuk menemukan kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.
Selain dapat menjalankan dan menggunakan perangkat komputer, user juga memiliki banyak fungsi lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi brainware yang harus Anda ketahui.
Seperti dibahas di atas, salah satu tugas utama user adalah merancang cara kerja perangkat. Tugas programmer adalah membuat dan merancang program yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam sistem komputer yang menggunakan baik hardware maupun software komputer. Selain itu, pengembang juga bertanggung jawab untuk memastikan keamanan dan kelancaran seluruh sistem dalam program.
Fungsi lain dari user adalah sebagai operator komputer. Operator komputer adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan sistem dan program komputer. Selain itu, operator juga memiliki tugas untuk memelihara dan memastikan pengoperasian semua peralatan komputer dengan baik dan lancar.
Administrator bertanggung jawab untuk mengelola struktur sistem dalam program atau jaringan komputer. Dengan adanya administrator, sistem dan program Anda akan memiliki aturan dan struktur yang lebih terorganisir.
Nah setelah Anda mengetahui tentang pengertian dan fungsi user, Anda pasti penasaran, apa saja contoh brainware berdasarkan istilah-istilah tersebut?
Seseorang atau kelompok yang menelusuri situs web untuk mencari dan memperoleh informasi dari internet.
EDP Department atau departemen Electronic Data Processing adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola data digital perusahaan dengan menggunakan teknologi komputer.
Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengoperasikan sistem dalam jaringan komputer, sistem ini terdiri dari banyak jaringan dan layanan yang dirancang untuk memberikan dukungan maksimal bagi pengguna komputer.
Sebenarnya, ada banyak macam-macam brainware yang sering Anda temui setiap hari. Untuk membantu Anda lebih memahami apa arti istilah-istilah ini. Berikut beberapa jenis user yang paling populer di sini.
Hardware engineer merupakan sebuah profesi yang bertugas menangani semua urusan yang berkaitan dengan hardware komputer. Mulai dari perencanaan hingga pemeliharaan perangkat keras tersebut. Selain itu, Hardware engineer juga mempunyai tanggung jawab melakukan pengaturan dan konfigurasi pada komputer.
Sama halnya dengan yang sebelum, software engineer juga mempunyai tugas yang sama. Namun lebih dikhususkan pada perangkat lunak komputer. Software engineer bertugas dalam melakukan konfigurasi, struktur dan juga tatanan pada perangkat lunak dalam sebuah jaringan komputer.
Teknisi merupakan orang yang tugasnya melakukan maintenance pada semua perangkat komputer yang terdapat pada jaringan dan sistem komputer. Teknisi komputer diwajibkan mempunyai pengetahuan yang lebih dalam mengenai semua masalah yang sering terjadi pada perangkat dan sistem komputer.
Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang brainware. Mulai dari pengertian, fungsi, contoh dan juga macam-macamnya. Selain beberapa hal di atas, hal penting yang perlu Anda ketahui adalah user memegang peranan penting dalam sistem komputer.
 22,947 kali dilihat,  20 kali dilihat hari ini
Kode yang berisikan kombinasi huruf dan angka ini disertai juga dengan pesan ‘The application was unable to start correctly’. Jika situasi ini terjadi jangan langsung panik, Anda bisa coba untuk mengatasinya sendiri.
 40,041 kali dilihat,  19 kali dilihat hari ini
Published
on
By
Lampung.co – Pernahkah Anda mengalami sedang asyiknya menggunakan suatu aplikasi di komputer atau laptop, namun tiba-tiba saja aplikasi tersebut eror dan muncul kode 0xc000007b? Kode yang berisikan kombinasi huruf dan angka ini disertai juga dengan pesan ‘The application was unable to start correctly’. Jika situasi ini terjadi jangan langsung panik, Anda bisa coba untuk mengatasinya sendiri.
Bikin kesal memang saat tengah menggunakan aplikasi atau sedang bermain game di komputer, namun tiba-tiba saja aplikasi tersebut error. Jika eror aplikasi ditandai kode 0xc000007b, kemungkinan besar itu terjadi karena penggunaan DLL atau Direct Linked Library untuk 32bit dan 64bit yang salah. Kode 0xc000007b Windows ini terbilang bukan hal baru lagi bagi para pengguna Windows.
Selain itu, kode error tersebut juga bisa disebabkan karena terjadinya kesalahan atau kerusakan pada konfigurasi Microsoft Visual C++ Redistributable Package. Tenang saja, untuk memperbaiki eror ini Anda sama sekali tak perlu untuk menginstal ulang laptop secara keseluruhan kok. Anda bisa ikuti beberapa cara berikut ini, untuk bisa menjalankan aplikasi seperti semula.
Berikut ini beberapa pilihan cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah error 0xc000007b yang muncul pesan ‘The application was unable to start correctly’ di layar komputer atau laptop.
Cara pertama dan terbilang paling mudah untuk dilakukan jika muncul error dengan kode 0xc000007b Windows ini adalah dengan menginstal ulang aplikasi. Berikut tahapan yang harus Anda ikuti.
Jika cara di atas tidak berhasil, Anda bisa coba untuk menginstal ulang Microsoft Visual Credits atau Visual C++. Visual C++ ini merupakan resource bagi beberapa aplikasi, utamanya sekali aplikasi game. Anda disarankan untuk menginstal ulang Visual C++ ini mulai dari versi lama, hingga versi terbarunya. Berikut tahapan menginstalnya yang bisa Anda ikuti.
Cara selanjutnya untuk mengatasi eror aplikasi dengan kode 0xc000007b adalah dengan menginstal Microsoft Net Framework. Penginstalan Microsoft Net Framework ini terutama sekali disarankan untuk mengatasi error game 0xc000007b. Berikut tahapan yang bisa Anda ikuti.
Anda bisa juga mengatasi errornya aplikasi ini dengan menginstal file 0xc000007b.dll. Caranya pun terbilang mudah, hanya download 0xc000007b yang berekstensi .dll, lalu instal di komputer Anda. Jika penginstalan selesai, cobakan untuk menjalankan aplikasi yang sebelumnya error tersebut.
Jangan langsung panik saat muncul kode error 0xc000007b aplikasi yang sedang Anda jalankan. Error yang umumnya disebabkan karena rusaknya file esensial untuk menjalankan aplikasi pada Windows ini, bisa diatasi dengan mengikuti beberapa cara di atas. Selamat mencobakan, ya!
 40,042 kali dilihat,  20 kali dilihat hari ini
Festival Ikam Lamtim 2022: Wahana Pengembangan Minat Bakat Pemuda Lampung Timur
Copyright © 2022 Lampung.co dibawah naungan PT Media Inti Lampung.

source