9 Februari 2023

Penyebab YouTube Pause Sendiri dan Cara Mengatasinya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Penyebab YouTube Pause Sendiri dan Cara Mengatasinya

KOMPAS.comYouTube kini menjadi aplikasi wajib di setiap ponsel, karena YouTube merupakan salah satu media besar yang memiliki banyak sekali fungsi diantaranya fungsi hiburan (entertain), edukasi, informasi, dan sebagainya.
Dengan adanya jutaan konten kreator dengan ciri khasnya masing-masing, penonton jadi semakin memiliki banyak sekali pilihan. Bahkan tak sedikit penonton televisi beralih untuk menonton YouTube karena alasan tersebut.
Namun, pernahkah Anda menemui beberapa kendala saat menonton video YouTube? Seperti salah satunya adalah video YouTube yang tiba-tiba terjeda, hal ini dapat merusak mood dan pengalaman menonton Anda pastinya.
Berikut ini KompasTekno mengulas penyebab YouTube yang tiba-tiba pause sendiri dan cara mengatasinya. 
Baca juga: YouTube Izinkan Kreator Monetisasi Video dengan Musik Berlisensi
Jika video YouTube yang akan Anda lihat selalu terjeda, alasan utama bisa jadi koneksi internet Anda buruk atau kecepatan internet Anda sangat lambat untuk memuat situs tersebut.
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut;
Jika saat Anda menonton video YouTube dan terputus maka bisa jadi kabel headphone atau earphone yang Anda gunakan juga terputus. Hal ini dikarenakan YouTube akan otomatis berhenti saat perangkat lain mengalami gangguan.
Terutama earphone yang berfungsi sebagai saluran suara dari YouTube ke telinga pendengar. Maka pastikan earphone dalam keadaan baik.
Baca juga: Studi: Tombol Dislike dan Not Interested di YouTube Ternyata Nirfaedah
Jika Anda sudah lama tidak memperbarui aplikasi YouTube, Anda akan mengalami berbagai masalah termasuk salah satunya adalah YouTube menjeda video dengan sendirinya.
Untuk memperbaikinya, Anda dapat membuka Play Store atau App Store, cari YouTube dan pilihlah tombol “Perbarui” Setelah ponsel Anda menginstal pembaruan, kemungkinan video Anda akan berjalan normal tanpa terjadi jeda video.
Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa saat kita menonton video di YouTube dengan durasi yang sudah lama maka YouTube menjeda dengan mode “Take a Break” jika Anda ingin melanjutkan maka pilih pilihan melanjutkan menonton.
Namun dalam hal ini juga dapat berpengaruh besar dalam pengalaman menonton di YouTube. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan;
Buka YouTube >  ketuk ikon “profil” dari sudut kanan atas dan pilih “pengaturan” > “umum”, > turn off atau matikan pilihan “remind me to take a break”. Dengan langkah tersebut maka video YouTube Anda tidak terjeda.
Komputer atau ponsel Anda akan menyimpan data cache dari setiap situs web yang Anda kunjungi, sehingga situs akan dibuka kembali lebih cepat saat Anda mengaksesnya lagi nanti.
Sehingga, jika Anda mengumpulkan banyak data cache, itu akan berpengaruh pada performa pemuatan video YouTube yang akan ada tonton.
Untuk mengatasinya anda dapat membuka settingan atau pengaturan handphone lalu pilih Apps and notification > YouTube > Penyimpanan > Hapus Cache. Dengan begitu perangkat Anda jauh lebih ringan dan lebih cepat dalam memuat video YouTube Anda.
Baca juga: Fitur Baru Google Meet Bisa Buat Nobar YouTube dengan 100 Orang
Demikian penyebab dan cara mengasi video YouTube yang tiba-tiba terjeda sendiri. Semoga membantu. 
 

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source