1 Februari 2023

Perbedaan Host dan Server pada Website – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Perbedaan Host dan Server pada Website

KOMPAS.com – Bagi Anda yang sering berkecimpung dalam dunia Teknologi dan Informasi maupun bergulat dengan perangkat-perangkat elektronik, pastinya familiar dengan istilah host dan server.
Kedua istilah ini merupakan istilah yang sering muncul jika kita membahas mengenai sistem komputer maupun sistem perangkat elektronik lainnya.
Meskipun keduanya berada dalam satu kesatuan dan memiliki tugas pada lingkungan tempat yang sama, kedua istilah ini memiliki perbedaan.
Apa saja perbedaannya? Berikut KompasTekno telah merangkum mengenai pengertian host dan server beserta dengan perbedaannya.
Baca juga: Perbedaan SSD dan HDD pada Perangkat Komputer
Host merupakan suatu perangkat yang terhubung ke komputer. Dalam perangkat tersebut host bertugas untuk berbagi dan menggunakan sumber daya yang ditemukan di jaringan. Host dapat berupa perangkat seperti komputer, laptop, tablet, atau smartphone.
Secara sederhana, host dapat juga diartikan sebagai mesin yang dapat dihubungkan ke perangkat dalam jaringan.
Jaringan adalah kumpulan dari perangkat-perangkat yang masing-masing memiliki alamat IP (Internet Protocol) dan juga perangkat lunak yang memungkinkan perangkat Anda melakukan komunikasi dan memahami instruksi.
Akan tetapi tidak semua perangkat dapat dianggap sebagai host. Sebuah perangkat dapat dikatakan sebagai host apabila perangkat tersebut memiliki alamat IP.
Oleh karena itu, segala bentuk perangkat yang tidak memiliki alamat IP tidak dapat dapat disebut sebagai host. Seperti saklar, router, atau WiFi boosters.
Secara sederhana server dapat diartikan sebuah layanan. Server merupakan bagian dari perangkat keras maupun perangkat lunak yang menyediakan layanan ke perangkat lain.
Tidak hanya menyediakan layanan untuk perangkat, server juga menyediakan layanan untuk sebuah program yang terhubung ke jaringan.
Oleh karena itu, peran server dalam perangkat lunak maupun perangkat keras adalah menyediakan layanan ke perangkat apapun yang terhubung ke jaringan.
Perangkat yang menggunakan layanan (server) disebut sebagai klien, yang berarti klien adalah sebuah perangkat lunak atau perangkat keras. Server dapat melayani beberapa pengguna pada saat yang sama, baik dari perangkat yang sama atau perangkat yang berbeda.
Baca juga: Perbedaan Website dan Blog yang Perlu Anda Ketahui
Agar dapat berfungsi dengan efektif dan efisien, baik host maupun server memerlukan jaringan agar sistem dapat bekerja. Jika disimpulkan, berikut beberapa perbedaan antara host dan server.
Host adalah komputer atau perangkat yang dapat dihubungkan ke jaringan. Host dapat berbagi dan menggunakan sumber daya serta dapat dihubungkan ke perangkat lain melalui internet.
Sementara server adalah sebuah perangkat lunak atau perangkat keras yang melakukan layanan untuk program atau perangkat lain di jaringan. Server dapat berbagi sumber daya dan menyediakan layanan serta dapat dihubungkan ke perangkat lain melalui LAN atau internet.
Itulah pengertian serta perbedaan antara host dan server. Semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source