9 Februari 2023

Perbedaan RAM Dan ROM Yang Perlu Diketahui – Baaca Id – baaca

BACAA.ID – Istilah ram dan rom pasti sudah tidak asing lagi. kamu menggunakan komputer ada hardware bernam ram. Di sisi lain, ada pula perangkat yang dinamakan rom. Bagi mereka yang sudah familiar dengan teknologi, keduanya bisa dibedakan bahkan sudah menjadi materi pelajaran.
Perkembangan teknologi membuat keduanya juga berkembang. Saat ini, penggunaannya bukan lagi di komputer tetapi perangkat seperti smartphone. Meskipun tampak sama, ram dan rom di kedua perangkat tersebut cenderung berbeda dalam hal penerapan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang topik ini, simak penjelasan berikut.
Pengertian RAM dan ROM

Ram adalah singkatan dari random access memory. Saat membeli komputer, kamu melihat spesifikasi ram dengan ukuran 4GB bahkan lebih. Di era awal komputer, kapasitas ram hanya sebesar kurang dari 4gb. Namun, kebutuhan membuat kapasitas ram semakin besar bahkan bisa mencapai 128gb.
Baca Juga: 7 Smartphone OPPO yang Dibekali RAM 6 GB
Perangkat ini berguna untuk pemroses data dan penyimpanan memory ketika komputer menyala. Software dan sistem operasi di install di harddisk. Saat mengaksesnya seperti mengetik di word, semua data masih di proses di Ram sebelum kamu penyimpanan secara permanen.
Untuk membuka dan menjalankan software, komputer butuh memori sementara. Inilah fungsi dari ram. kamu menjalankan beberapa software sekaligus dan ram harus mampu menampung semuanya dengan baik. Jika melebihi kapasitas, kamu akan melihat dampatkanya secara langsung yaitu komputer menjadi lemot. Hal yang sama juga terjadi untuk smartphone. Terlalu banyak aplikasi yang dibuka menurunkan proses.
Rom adalah read only memory. Ini adalah bagian dimana komputer menyimpan semua sistem. Data sudah disimpan sebelumnya. Untuk mempermudah pengertian, sebelum komputer atau laptop dapat digunakan, ada yang namanya bios. Ini sistem untuk mengakses hardware komputer dan mengkonfigurasi sistem terkait dengan perangkat. Setiap manufaktur memiliki bios tersendiri.
Contoh paling mudah adalah data tanggal. kamu menyalakan komputer dan sistem waktu atau tanggal selalu sama. Pertanyaannya adalah bagaimana waktu dan jam tersebut selalu berubah dan menyesuaikan dengan kondisi nyata padahal komputer dalam keadaan mati. Proses data di rom tidak bergantung pada apakah ada listrik atau tidak.
Editor: Fikri Rahmat Utama
Sumber: Berbagai Sumber
Gedung Megah Group Jl. Adyaksa Baru No. 49 Kota Makassar Sulawesi Selatan

081949099000
admin@baaca.id
©2022 ProMedia Teknologi

source