4 Februari 2023

Perbedaan Reboot dan Restart yang Perlu Diketahui – detikInet

ADVERTISEMENT
Dalam dunia teknologi sering rasanya kita mendengar istilah-istilah. Salah satunya mungkin reboot dan restart. Sering kali kita menyamakan reboot dan restart, padahal keduanya memiliki arti yang berbeda. Ini perbedaan reboot dan restart pada perangkat.
Reboot adalah proses booting ulang. Reboot juga bisa diartikan sebagai proses mengulang kembali sistem operasi yang ada pada perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya. Sebagai gambaran, reboot pada perangkat merupakan proses pertama kali perangkat kalian dinyalakan dalam keadaan mati.
Sementara itu, restart adalah proses memulai ulang kembali suatu perangkat. Restart biasa dilihat pada perangkat komputer atau smartphone. Restart biasa terjadi secara sengaja ataupun tidak sengaja pada sebuah perangkat. Biasanya ketika kalian baru menginstal sebuah software pada perangkat kalian akan diminta untuk melakukan restart.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Perbedaan reboot dan restart adalah pada proses kerjanya. Perbedaan jelas lainnya adalah reboot biasa digunakan untuk memulai ulang kembali karena masalah yang terjadi pada perangkat. Sementara, restart biasa terlihat setelah kalian update suatu software.
Biasanya jika perangkat kalian dalam keadaan mati, kemudian dinyalakan maka proses reboot ini sedang berjalan. Proses reboot pada komputer bisa kalian lakukan dengan shut down yang ada di taskbar atau menekan ‘Ctrl + alt + del’ kemudian pilih opsi ‘shut down’. Kemudian mulai ulang perangkat secara manual dengan menekan tombol yang ada di perangkat.
Sementara, restart merupakan proses memulai ulang kembali perangkat. Proses restart ini tentunya tidak bisa dilakukan dalam keadaan perangkat mati. Jadi, proses restart ini bisa kalian lakukan ketika perangkat dalam keadaan menyala.
Selain itu, biasanya proses reboot memiliki waktu yang lebih lama dibandingkan restart. Hal ini disebabkan ketika reboot sistem operasi belum dalam keadaan siap. Berbeda dengan restart, yang tidak butuh waktu lama karena sistem operasi sudah dalam keadaan siap.
Ada baiknya jika kalian melakukan reboot secara rutin pada perangkat kalian. Hal ini memberikan kesempatan bagi sistem operasi untuk berhenti dari kerja-kerja yang memberatkan.
Kalian tentunya pernah melakukan restart dengan sengaja atau tanpa sengaja. Biasanya sistem akan melakukan restart secara otomatis pada beberapa aplikasi atau software yang baru diinstal.
Reboot merupakan proses mematikan sebuah perangkat baik menggunakan tombol atau melakukan shut down pada perangkat seperti komputer. Setelah itu, ketika kalian menjalankannya ulang dengan menekan tombol power, sistem akan melakukan proses booting.
Berbeda hal dengan restart yang mengharuskan perangkat pada keadaan nyala terlebih dahulu. Hal ini juga sesuai dengan makna restart secara harfiah yaitu memulai ulang atau menyalakan ulang.
Walaupun biasanya kita menilai hal tersebut adalah sama, ternyata reboot dan restart memiliki perbedaan dari waktu proses, manfaat, dan fungsinya. Nah, detikers itulah perbedaan reboot dan restart.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source