9 Februari 2023

Spesifikasi Minimum PC Windows untuk Menjalankan Google Play Games – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Spesifikasi Minimum PC Windows untuk Menjalankan Google Play Games
KOMPAS.com – Google akhirnya mengekspansi ketersediaan platform Google Play Games versi beta di PC berbasis Windows. Google Play Games adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna bisa memainkan game Android di PC berbasis Windows tanpa emulator.
Pada Januari lalu, Google Play Games untuk PC baru diuji coba dalam versi beta secara terbatas di beberapa negara, yakni di Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan. Kini, Google Play Games PC versi beta sudah bisa diunduh oleh gamer di delapan negara, yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Brasil mulai Kamis (3/11/2022).
Hal itu menjadi kabar baik bagi gamer mobile, karena selama ini pengguna Android harus menggunakan emulator untuk memainkan game mobile di laptop Windows mereka. Tapi, ada spesifikasi minimum yang harus dimiliki laptop/komputer berbasis Windows agar bisa menjalankan Google Play Games.
Berikut spesifikasi minimum untuk menjalankan Google Play Games di PC Windows.
Baca juga: Google Play Games Resmi Masuk Indonesia, Game Android Kini Bisa Dimainkan di Windows
Apabila PC Windows sudah memenuhi spesifikasi minimum, gamer bisa mengunduh Google Play Games versi beta di situs resmi https://play.google.com/googleplaygames. Pengguna juga bisa melakukan sinkronisasi akun Google Play Games di smartphone, tablet, Chromeboook, laptop, dan PC Windows.
Sehingga, sesi permainan yang sebelumnya diakses di smartphone dan tablet, bisa kembali dilanjutkan pada perangkat Chromebook dan PC melalui akun yang sama.
Baca juga: Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator
Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, lewat Google Play Games untuk PC, gamer Indonesia bisa memainkan setidaknya 25 game populer, di antaranya:
Dengan adanya Google Play Games khusus PC, gamer bisa mendapat beberapa keuntungan. Misalnya, menampilkan gameplay permainan pada layar yang lebih besar, kemudahan kontrol menggunakan bantuan keyboard dan mouse, hingga aksesibilitas yang fleksibel.
Layanan Google Play Games baru ini berbeda dari cloud gaming. Artinya, pengguna masih perlu men-download game yang ingin dimainkan pada perangkat Chromebook, laptop, dan PC Windows. Hingga saat ini, Google Play Games masih belum tersedia untuk perangkat PC berbasis macOS.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source