1 Februari 2023

Telepon Seluler dan Smartphone Tidak Sama, Ini Bedanya – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Telepon Seluler dan Smartphone Tidak Sama, Ini Bedanya

KOMPAS.com – Istilah smartphone dan telepon seluler merupakan istilah yang kerap kali kita dengar. Tidak jarang, masyarakat menganggap keuda perangakat tersebut sama.
Meskipun kedua perangkat ini memiliki bentuk fisik dan fungsi yang hampir sama, namun sebenarnya telepon seluler dan smartphone merupakan perangkat yang berbeda.
Kendati demikian, baik telepon seluler dan smartphone sama-sama merupakan perangkat genggam (mobile device). Lantas apa yang membedakan telepon seluler dengan smartphone?
Dilansir dari laman Ask Any Difference, perbedaan utama antara telepon seluler dan smartphone adalah dari kegunaannya.
Telepon seluler atau yang saat ini umum disebut sebagai feature phone, hanya dapat digunakan untuk melakukan panggilan dan menerima pesan melalui sinyal frekuensi radio.
Baca juga: Evolusi Ponsel dari Masa ke Masa, dari Bentuk Batu Bata hingga Layar Lipat
Sedangkan pada smartphone atau ponsel pintar, tidak hanya digunakan untuk melakukan panggilan dan mengirim dan menerima pesan, tapi juga untuk mengakses internet hingga mengambil gambar dengan kualitas terbaik.
Dari segi ukuran bodi perangkat, telepon seluler memiliki ukuran yang lebih kecil dan praktis digunakan karena fiturnya sederhana. Sedangkan pada smartphone, perangkatnya memiliki fungsi yang lebih kompleks dengan permukaan layar sentuh, akses internet, dan memiliki sistem operasi yang jauh lebih canggih.
Telepon seluler juga cenderung menggunakan keyboard fisik sedangkan smartphone dibekali keyboard layar sentuh.
Smartphone juga ditunjang koneksi yang lebih beragam dibanding telepon seluler. Teleponseluler hanya ditunjang sistem jaringan 0G hingga 2G. Sedanhkan pada smartphone saat ini telah berkembang hingga 5G dan kemungkinan akan terus meningkat.
Baca juga: 4 Alasan untuk Tidak Menaruh Ponsel di Kasur saat Tidur
Seperti disinggung sebelumnya, untuk tampilan antarmuka, telepon seluler cenderung lebih sederhana, tidak rumit, dan tanpa sistem operasi nan kompleks. Sedangkan pada smartphone memiliki desain yang lebih rumit, kompleks dan menggunakan sistem operasi yang lebih mumpuni.
Dilihat dari sejarahnya, telepon seluler lebih dulu dikembangkan dan diciptakan pertama kali pada tahun 1940 . Telepon seluler pertama diproduksi oleh pabrikan ponsel asal Amerika Serikat, Motorola. Telepon tersebut merupakan ponsel dari generasi awal.
Kemudian, cikal bakal smartphone pertama di dunia diciptakan pada tahun 1992 oleh perusahaan teknologi asal AS, IBM. Smartphone pertama di dunia itu diberi nama Simon Personal Communicator (SPC).
Pada tahun 2001, muncul smartphone pertama yang didukung koneksi 3G. Namun, baru di tahun 2007 lah tonggak sejarah industri smartphone, yakni sejak dirilisnya iPhone oleh Apple. Berikut ini perbedaan telepon seluler dan smartphone yang dapat dilihat di tabel satu ini.
Seiring berjalannya waktu, telepon seluler ini turut berkembang dan dibekali dengan berbagai fitur tambahan, seperti game, kalender, e-mail, dan sebagainya. Begitu pun dengan smartphone yang kini lebih mendominasi pasar.
Smartphone hadir dengan berbagai merk dengan membawa fitur dan keunggulannya masing-masing. Berdasarkan estimasi dari Ericsson & The Radicati Group, pada tahun 2021 diperkirakan ada 6,37 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source