9 Februari 2023

Vivo OriginOS 3.0 Diumumkan, Sistem Operasi untuk Smartphone "Khusus" – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Vivo OriginOS 3.0 Diumumkan, Sistem Operasi untuk Smartphone "Khusus"
KOMPAS.com – Setelah merilis FuntouchOS 13 berbasis Android 13 pada Oktober lalu, kini giliran Vivo mengumumkan kehadiran antarmuka (user interface (UI) terbarunya OriginOS 3.0 berbasis Android 13.
Sistem operasi ini dirancang untuk smartphone “khusus”, yakni ponsel Vivo yang hanya beredar di China, termasuk smartphone iQoo, sub-brand Vivo.
Saat ini, Vivo memang memasarkan ponsel dengan dua UI yang berbeda, yakni Origin OS untuk ponsel yang dijual di China dan FuntouchOS untuk ponsel yang dipasarkan secara global.
OriginOS 3.0 hadir dengan membawa peningkatan yang berfokus pada tampilan dan kinerja di balik layar. 
Vivo dijadwalkan mulai menggulirkan OriginOS 3.0 berbasis Android 13 beta ke sejumlah ponsel Vivo dan iQoo di China mulai 25 November mendatang. Nantinya, saat melakukan pembaruan UI OriginOS 3.0, sistem operasi di ponsel pengguna otomatis akan ditingkatkan (di-upgrade) ke Android 13.
Baca juga: Vivo Perkenalkan Sistem Operasi OriginOS Berbasis Android
Pada aspek tampilan, OriginOS 3.0 memiliki mode folder ikon widget, di mana pengguna bisa mengelompokan widget dan aplikasi menjadi satu folder.

Tampilan antarmuka OriginOS 3.0.realmicentral.com Tampilan antarmuka OriginOS 3.0.

Lalu, tampilan jendela sejumlah aplikasi juga dibuat lebih fleksibel. Menurut laporan Real Mi Central, sebanyak 30 aplikasi dan game mendukung mode jendela mini.
Jendela mini ini mirip jendela mangambang (floating window) dan picture-in-picture. Jadi, pengguna bisa melakukan multitasking di ponselnya.
Di aspek kinerja, Vivo menghadirkan memory fusion, salah satu teknologi yang dapat meningkatkan kemampuan RAM pada sebuah smartphone.
Kehadiran teknologi ini diklaim membuat antarmuka OriginOS 3 memiliki efek “anti-penuaan” selama 48 bulan (4 tahun). Maksudnya, UI ini digadang-gadang tidak akan lemot dalam kurun waktu tersebut.
Baca juga: Vivo V25e Varian RAM 12 GB Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 4,7 Juta
Vivo turut menyertakan visual smoothness 2.0 pada UI OriginOS 3.0. Kehadiran fitur ini disebut bakal menambah kenyamanan pengguna saat menggulirkan layar dengan angka refresh rate standar 60 Hz.
Fitur menarik lainnya yang dibawa OriginOS 3.0 adalah kemampuan ponsel merekam riwayat terakhir sebelum aplikasi dibersihkan karena memori penuh atau alasan lainnya.
Dengan kemampuan ini, nantinya, jendela aplikasi bisa dibuka kembali dengan lebih cepat. Selain itu, jendela aplikasi juga akan menampilkan situs atau apapun itu yang terakhir pengguna akses sebelum dibersihkan secara paksa, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Minggu (13/11/2022).
Untuk pasar global, Vivo sudah menggulirkan antarmuka Funtouch OS 13 versi stabil untuk Vivo X80 Pro pada 24 Oktober. Vivo juga mengatakan pembaruan UI ini akan digulirkan secara bertahap ke lebih banyak pengguna di berbagai negara pada pertengahan November, Desember, dan awal tahun depan.
FuntouchOS 13 berbasis Android 13 ini membawa pembaruan yang berbeda dengan OriginOS 3.0. Selengkapnya baca artikel “Vivo Funtouch OS 13 Meluncur, Ini Deretan Fitur Barunya“.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source